Wednesday, January 8, 2014

Syukur !

Assalamualaikum Wr. Wb.
Setiap kali nulis begini, yg pertama kali membuat saya berhenti menulis ialah "kalimat pertama apa yg harus saya tulis" mmm, "selamat tahun baru 2014" sajalah ya :|
Kali ini saya mau menulis tentang rasa syukur *tumben serius.
Akhir-akhir ini saya bingung dengan orang-orang yg masih melakukan tindakan kriminal utk mendapatkan sesuap nasi, atau bahkan utk menyimpan materi yg bahkan orang itu sudah memiliki banyak di "bawah kasurnya". Trust me, memang kita butuh uang utk bisa melakukan sesuatu, tp ingat apa yg diajarkan oleh leluhur kita dulu *asheeek, "uang tidak memberikan kebahagiaan". Dan itu benar. Uang bukan sumber kebahagiaan, kita butuh uang, tp tidak ada gunanya kita punya itu kalau sumber nya dari hasil yg tidak benar. Karenanya saya ingin membagi satu kisah yg pernah saya tonton di salah satu stasiun tv yg mengajarkan kita tentang rasa syukur.
*suatu sore, hujan mengguyur dengan derasnya, terlihat sepasang kakek-nenek berlarian sambil memegang batang pohon pisang utk melindungi mereka dari hujan. Tidak lama kemudian, mereka dilewati oleh sepasang suami-istri dengan sepeda motornya. Si kakek tua pun berkata pada istrinya "maaf ya, bu. Seandainya bapak punya sepeda motor, kita mungkin gak usah lari begini ke rumah", dan si nenek pun membalas "gak apa-apa, pak, masih kuat kok" sambil tersenyum dan berlari menuju rumah mereka.
*sementara itu, di kondisi yg sama, terlihat sepasang suami-istri dengan sepeda motornya sedang berusaha agar tidak kehujanan dengan jas hujan mereka. Tidak lama kemudian, dari arah yg berlawan, sebuah mobil mewah melintasi mereka. Si ibu pun menggerutu kepada suaminya "pak, coba kita punya mobil, pasti kita gak basah kayak gini kan!", si bapak pun tidak mengacuhkan perkataan si istri sambil terus menancap gas-nya.
*di sisi lain, dalam keadaan yg sama, terlihat sebuah mobil mewah yg sedang melintas dimana pemiliknya merupakan seorang pengusaha kaya. Sang pengusaha kemudian melihat sepasang kakek-nenek sedang berlarian dimana yg melindungi mereka dari derasnya hujan hanyalah sebatang pohon pisang. Sang pengusaha pun berkata dalam hatinya "bu, seandainya ibu masih hidup" sambil memegang foto sang istri.
Mungkin ini saja kisah yg bisa saya bagikan. Saya yakin di setiap hati manusia, pasti masih ada kebaikan di dalamnya, kecuali kalau hatinya sudah ditutup oleh Yang Maha Kuasa, which is, naudzubillahiminzalik :'|
Semoga kita tidak terlena dengan materi, tp ingat, kita tidak bisa melakukan sesuatu tanpanya, Tuhan suka kita kaya (dan menyalurkan kekayaan tersebut di jalan-Nya), tp bukan itu sumber kebahagiaan. Sudah 20 tahun saya hidup, dan memang benar apa yg dikatakan oleh nenek moyang kita "jangan bahagia dulu baru bersyukur. Tp bersyukur yg membuat kita bahagia".
Thank you, selamat tahun baru 2014 semuanya, keep up the good work. Wassalam \m/

No comments:

Post a Comment