Friday, June 29, 2012

Contoh Kasus Pengantar Bisnis

-->
1.      Menurut anda, bagaimana isi dari rencana bisnis Yahoo! Sehubungan dengan jasa yang diberikannya dan bagaimana perusahaan memperoleh pendapatan.


Ø  Jawab : 


Penilaian lingkungan bisnis


·         Lingkungan ekonomi: Melakukan penilaian terhadap lingkungan ekonomi untuk menentukan bagaimana respons terhadap kondisi perekonomian (dalam negeri).


·         Lingkungan industry: Melakukan penilaian terhadap lingkungan industri untuk menentukan tingkat persaingan, apakah ada perusahaan lain yang juga bergerak di sektor yang sama yang tentunya akan mempersempit peluang pasar. Sehingga dapat diambil beberapa langkah antispasi akan hal tersebut.


·         Lingkungan Global: Melakukan penilaian terhadap lingkungan global untuk menentukan bagaimana respons terhadap kondisi perekonomian luar negeri, jumlah pesaing asing, nilai tukar mata uang, dll.


Rencana manajemen


·         Proses produksi : Yahoo memiliki beberapa produk dan layanan yaitu:


§  Mode pencarian


Yahoo memiliki sejumlah layanan mode pencarian, antara lain Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, dan Yahoo! Shopping Search.


§  Komunikasi



Yahoo menyediakan layanan internet dalam bidang komunikasi, antara lain Yahoo! Messenger dan Yahoo! Mail. Selain itu, Yahoo juga menawarkan layanan jejaring sosial dan user-generated content seperti My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360°, Delicious, Flickr, dan Yahoo! Buzz.



§  Konten



Yahoo! bekerja sama dengan banyak penyedia konten dalam produk seperti Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo! Movies, Yahoo! News, Yahoo! Answer dan Yahoo! Games untuk menyediakan konten media dan berita.



§  Mobile



Yahoo! Mobile menawarkan layanan on-the-go messaging, seperti email, instant messaging, dan mobile blogging; layanan informasi, pencarian dan pengingat, hiburan, nada dering, dan Yahoo! Foto untuk ponsel berkamera.



§  Perdagangan



Yahoo! menawarkan layanan perdagangan seperti Yahoo! Shopping, Yahoo! Autos, Yahoo! Real Estates, dan Yahoo! Travel, yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan melakukan transaksi komersial dan pembelian online.



§  Usaha Kecil



Yahoo menyediakan layanan seperti Yahoo! Domain, Yahoo! Web Hosting, Yahoo! Merchant Solutions, Yahoo! Business Email, dan Yahoo! Store untuk pemilik usaha kecil dan profesional yang memungkinkan mereka untuk membangun sendiri toko online dengan perangkat yang dimiliki oleh Yahoo.



§  Periklanan



Yahoo! Search Marketing menyediakan layanan seperti Sponsored Search, Local Advertising, dan Product/Travel/Directory Submit untuk para pebisnis mengiklankan produk dan jasa mereka di jaringan Yahoo!.



§  Yahoo! BOSS



Yahoo! Search BOSS adalah layanan yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi pencarian berdasarkan teknologi pencarian Yahoo.



§  Yahoo! Meme



Yahoo! Meme merupakan layanan sosial beta, mirip dengan jejaring sosial populer Twitter dan Jaiku.



§  Yahoo! Koprol



Yahoo! Koprol merupakan jejaring sosial Indonesia berdasarkan lokasi seperti pada GPS tanpa adanya alat GPS.



·         Struktur organisasi :


Carol Bartz (Chief Executive Officer)
Roy J. Bostock (Chairman)
Jerry Yang (Co-founder)
David Filo (Co-founder)


Rencana pemasaran


·         Pasar target : Yahoo memiliki berbagai produk dan layanan yang bervariasi yang memiliki fungsi masing-masing. Jadi produk dan layanan tersebut dipasarkan kepada perusahaan-perusahaan yang ingin menggunakannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.


·         Penentuan harga : Harga yang ditawarkan disesuaikan dengan skala perioritas dimana iklan tersebut akan ditampilkan, kapasitas dari iklan tersebut,  jangka  waktu ditampikannyal, dll.


·         Promosi : Dipromosikan melalui media massa dan juga dipromosikan melalui web tersebut.


·         Pengeluaran : Pendanaan dari perusahaan tersebut berupa penyewaan komponen-komponen yang dibutuhkan dalam proses produksinya seperti, gedung, listrik, air, asuransi, dll. Dan juga pendanaa berupa gaji karyawan yang bekerja di prusahaan tersebut.


·         Pendapatan : Sumber pendapatan dari perusahaan ini yaitu diperoleh dari konsumen yang menggunaan produk dan layanan perusahaan ini.





2.      Mengingat rencana bisnis Yahoo! Sepertinya berjalan dengan baik, mengapa Yahoo! Masih perlu memusatkan perhatiannya pada pelaksanaan peningkatan yang berkesinambungan dengan didasarkan atas umpan balik dari para pelanggangnya.


Ø  Jawab : Dengan memusatkan perhatiannya pada pelaksanaan peningkatan yang berkesinambungan dengan didasarkan atas umpan balik dari para pelanggangnya dapat yahoo  mengetahui hal-hal apakah yang diinginkan  dan dibutuhkan oleh pelanggan dari situs webnya, sehingga yahoo dapat memperbaiki hal-hal yang dianggap kurang dan membuat inovasi-inovasi baru sesuai dari kebutuhan pelanggan. Hal ini dapat menarik lebih banyak pelanggan dan dapat memperluas peluang-peluang pasar dari yahoo tersebut. .


3.      Mengapa rencana bisnis Yahoo! Lama kelamaan dapat mengalami perubahan?


Ø  Jawab : Dari banyaknya masukan-masukan dan umpan balik dari pelanggan, maka yahoo harus melakukan penyesuain terhadap hal tersebut  agar produksinya dapat optimal dan dapat mengantisipasi para pesain yang juga bergerak dibidang usaha yang sama.

No comments:

Post a Comment